EFEKTIFITAS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VII SMP NEGERI 1 KODI BANGEDO

Kaley, Wilhelmus Wora (2021) EFEKTIFITAS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VII SMP NEGERI 1 KODI BANGEDO. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran inkuiri masalah terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa terhadap pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Serta mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan yakni deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester genap pada tahun ajaran 2021/2022 dengan materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 1 Kodi Bangedo yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian ini meliputi lembar pengamatan keaktifan siswa, lembar kuisioner tanggapan siswa dan tes hasil belajar siswa. Pengujian validitor dan reliabilititas yang digunakan melibatkan sebagai pakar validator instrumen. Setelah dianggap valid kemudian diuji coba instrumen dengan skala kecil yang kemudian direvisi untuk butir yang dianggap tidak valid dan kemudian diujikan ke skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran matematika dengan model pembelajaran inkuiri pada masalah materi sistem persamaan linear dua variabel dari hasil belajar siswa tergolong dari kategori sangat rendah. Hal ini dinyatakan keaktifan siswa yang tergolong dalam kategori cukup dan jika dilihat keterlibatan siswa juga tergolong dalam kategori cukup. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran inkuiri pada masalah pembelajaran matematika sistem persamaan linear dua variabel secara umum baik. Indikator 1 mengenai memahami isi pelajaran mencapai 70%, indikator 2 mengenai memberi kepuasaan atas pengatahuan baru mencapai 71%, indikator 3 mengenai meningkatkan aktivitas pembelajaran mencapai 67%, indikator 4 mengenai meningkatkan minat siswa untuk belajar mencapai 76% dan inkikator 5 mengenai meningkatkan rasa tanggung jawab mencapai 80%. Secara keseluruan, 58,3% dari jawaban siswa dapat menerima dan terbantu dengan penggunaan pembelajaran inkuiri masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Inkuiri Masalah. Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:01
Last Modified: 19 Jan 2022 03:01
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item
View Item