Profil Self Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19

Tipa, Brigita Rambu Mburu Ana (2021) Profil Self Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
2. NASKAH PUBLIKASI BRIGITA RAMBU MBURU ANA TIPA.docx

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil self confidence siswa dalam pembelajaran matematika selama masa pandemi covid-19. Subjek penelitian ini adalah 3 sekolah (SMP Negeri 2 Waingapu, SMP Negeri 3 Waingapu dan SMP Katolik Anda Luri) di Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur dengan total responden sebanyak 70 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala self confidence. Teknik analisis data yang digunakan adalah yang pertama dengan menentukan persentase jawaban siswa yang kemudian akan dikategorikan menurut kategori skala Likert, yang kedua menggunakan confirmatory factor analysis untuk menganalisa lebih lanjut mengenai kontribusi indikator terhadap self confidence. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase rata-rata jawaban siswa secara keseluruhan sebesar 68% dan persentase rata-rata indikator sebesar 68%, yang berarti bahwa siswa yang telah menjawab pernyataan rata-rata memiliki kepercayaan diri yang cukup (sedang) dalam mengikuti pembelajaran matematika selama masa pandemi covid-19. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis nilai t, diketahui bahwa pernyataan saya mengambil keputusan tanpa bantuan orang lain memberi kontribusi paling signifikan terhadap indikator bertindak mandiri dalam mengambil keputusan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpusatakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri_pandemi covid-19
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:55
Last Modified: 19 Jan 2022 03:55
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item
View Item