Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Self-Compassion Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Kegiatan Perkuliahan Daring Disaat Kondisi Covid-19

Mawarida, Apriliani (2021) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Self-Compassion Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Kegiatan Perkuliahan Daring Disaat Kondisi Covid-19. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Apriliani Mawarida_17081027_R11_NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan self-compassion pada mahasiswa yang mengikuti kegiatan perkuliahan di saat kondisi covid-19. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dengan self-compassion. Karakteristik subjek penelitian yaitu mahasiswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, mengambil lebih dari 5 matakuliah, dan tercatat aktif dalam status perkuliahan. Data yang dikumpulkan menggunakan Skala Dukungan Sosial dan Skala Self-Compassion. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh Rxy sebesar 0.664 (p = 0.000), sehingga hipotesis dapat diterima. Penelitian ini juga memberikan hasil koefisien determinasi (R²) sebesar 0.440. Hal tersebut menunjukan bahwa variabel dukungan sosial memberikan sumbangan sebesar 44% terhadap variabel self-compassion dan sisanya 66% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: self-compassion, dukungan sosial, mahasiswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:30
Last Modified: 19 Jan 2022 03:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14154

Actions (login required)

View Item
View Item