Triani, Ni Nyoman (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (309kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (141kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (641kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (830kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (421kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (292kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (408kB) | Preview
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi segitiga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VII yang dilihat dari kriteria valid, praktis, dan efektif dengan permainan ular tangga matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Sedayu kelas VII D. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi segitiga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VII telah memenuhi: (1) Aspek valid melalui hasil validasi ahli materi dengan skor 64 yang dikategorikan sangat baik pada kriteria serta hasil validasi ahli media dengan skor 64 yang dikegorikan sangat baik pada kriteria (2) Aspek praktis melalui uji coba
media pembelajaran matematika berbasis android terhadap 28 siswa dengan hasil angket respon siswa dengan skor 1.053 yang dikategorikan baik pada kriteria (3) Aspek efektif melalui peningkatan
motivasi belajar siswa sebesar 7% dari 73% menjadi 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Android, Teams Games Tournament (TGT), Segitiga, Motivasi Belajar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 02:58 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 02:58 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14179 |