Produktivitas Rumput Raja (Pennisetum Purpureophoides) Yang Dipupuk Dengan Bokashi Jonga - Jonga Pada Dosis Yang Berbeda

Jatmiko, Jatmiko (2020) Produktivitas Rumput Raja (Pennisetum Purpureophoides) Yang Dipupuk Dengan Bokashi Jonga - Jonga Pada Dosis Yang Berbeda. Naskah Publikasi Program Studi Peternakan.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLISH JAT.docx

Download (81kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pupuk bokashi Jonga-jonga terhadap produktivitas rumput King Grass (Pennisetum purpureopoides). Penelitian ini dilaksanakan tanggal 8 September sampai dengan tanggal 7 November 2019 di UPT Teaching Farm Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang terletak di Gunungbulu, Bandut Lor, Argorejo, Sedayu, Bantul dan dilanjutkan di Laboratorium Nutrisi Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah. Penelitian terdiri dari 4 taraf perlakuan dan 3 kali ulangan yang masing-masing adalah P0: kontrol (pupuk urea dosis 200 kg/ha), P1: pupuk bokashi dosis 200 kg urea, P2: pupuk bokashi dosis 300 kg urea, P3: pupuk bokashi dosis 400 kg urea. Variabel yang diukur meliputi jumlah anakan, tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, produksi berat segar dan produksi berat kering. Data dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA), jika ada perbedaan nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DMRT). Berdasarkan analisis variansi diketahui bahwa pupuk bokashi jonga-jonga berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap jumlah anakan, tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, produksi berat segar dan produksi berat kering. Berdasarkan hasil uji DMRT diketahui bahwa perlakuan P3 dengan pupuk bokashi jonga-jonga dosis 400 kg urea menunjukkan hasil terbaik dibandingkan dengan perlakuan yang lainnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan pupuk bokashi Jonga-jonga dengan dosis 400 kg urea menghasilkan produktivitas rumput King Grass terbaik.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Pennisetum purpureopoides, produktivitas, pupuk bokashi Jonga- jonga.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:25
Last Modified: 27 Jan 2022 02:25
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

View Item
View Item