PENGARUH VARIASI LAMA PERENDAMAN JAHE MERAH (Zingiber officinale var rubrum) TERHADAP SIFAT KIMIA DAN TINGKAT KESUKAAN INFUSED WATER LEMON

Aulya, Ananddwitha Rahma (2020) PENGARUH VARIASI LAMA PERENDAMAN JAHE MERAH (Zingiber officinale var rubrum) TERHADAP SIFAT KIMIA DAN TINGKAT KESUKAAN INFUSED WATER LEMON. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT Ananddwitha Rahma Aulya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Infused water lemon dibuat melalui tahap sortasi, pencucian, pengupasan, pemotongan, penimbangan dan perendaman. Kandungan anitioksidan dan vitamin C pada Infused water lemon cukup tinggi dan harga yang relatif murah sehingga potensial digunakan sebagai minuman sehat dalam penganekaragamaan pangan berbasis sumber daya lokal dengan inovasi rasa yang dapat diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil infused water lemon yang terbaik berdasarkan lama perendaman jahe merah yang memiliki sifat kimia (antioksidan polifenol, pH, dan vitamin C) tertinggi dan disukai panelis.
Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan perlakuan variasi lama perendaman jahe selama 6, 9 dan 12 jam. Jahe yang digunakan adalah jahe merah dengan ketebalan irisan yang seragam sebesar 0,5 cm. Irisan jahe dan lemon ditimbang sebanyak 100 g kemudian dimasukan ke dalam wadah dan ditambahkan air hingga 1 L lalu dilakukan perendaman dengan variasi waktu di dalam refrigerator. Analisa yang dilakukan adalah analisa kimia infused water setelah perendaman. Data yang diperoleh dilakukan analisa varian (ANOVA) dengan tingkat kepercayaan 95%. Apabila beda nyata masing-masing perlakuan dilanjutkan dengan uji lanjut menggunakan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) untuk mengetahui hubungan pada setiap perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variasi lama perendaman jahe merah berpengaruh nyata pada kadar antioksidan dan kadar vitamin C didukung dengan kadar pH yang rendah pada Infused water lemon. Infused water lemon yang terbaik memiliki kadar antikosidan sebesar 243,9 µg/ml dan kadar vitamin C sebesar 22,69 mg/g. Hasil terbaik dari kadar antioksidan dan vitamin C didukung oleh pH infused water yang rendah sebesar 3,10 H+. Ketiga hasil tersebut didapatkan dari infused water lemon dengan perendaman jahe merah selama 12 jam. Berdasarkan hasil uji kesukaan penambahan jahe merah berpengaruh nyata pada kesukaan panelis terhadap rasa infused water lemon, namun tidak berpengaruh nyata pada kesukaan panelis terhadap aroma, warna, keasamam, kekeruhan dan keseluruhan infused water lemon yang dihasilkan. Panelis menyukai infused water lemon dengan lama perendaman jahe merah selama 9 jam dari segi rasa. Pada aroma, warna, keasamam, kekeruhan dan keseluruhan kesukaan panelis kalah dominan sehingga kesukaan panelis tidak berbeda nyata disetiap perlakuan.
Kata kunci : Infused Water lemon, Jahe Merah, Ketebalan Irisan dan Lama Perendaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Infused Water lemon, Jahe Merah, Ketebalan Irisan dan Lama Perendaman
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:13
Last Modified: 02 Feb 2022 02:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14380

Actions (login required)

View Item
View Item