HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE BERTEMA KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA

Purwandhana, Mohammad Ariekusumo (2022) HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE BERTEMA KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABASTRAK]
Preview
Text (ABASTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online bertema kekerasan dengan perilaku agresif pada remaja. Hipotesis yang ditunjukkan adalah adanya hubungan yang positif antara kecanduan game online bertema kekerasan dengan perilaku agresif. Subjek dalam penelititan ini berjumlah 65 orang yang memiliki beberapa karakteristik yaitu remaja dengan usia 13 sampai 18 tahun yang bermain game online bertema kekerasan. Cara pengambilan subjek dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data penelitian ini menggunakan Skala Kecanduan Game Online Bertema Kekerasan dan Skala Perilaku Agresif. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product momen dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,643 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel kecanduan game online bertema kekerasan dengan perilaku agresif. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,413, hal tersebut menunjukkan bahwa variabel kecanduan game online bertema kekerasan memberikan sumbangan efektif sebesar 41,3% terhadap variabel perilaku agresif dan sisanya 58,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti pengalaman masa kecil, perlakuan buruk orangtua, dukungan dari orangtua dan teman sebaya, pendisiplinan yang keliru, ketidakjelasan hukuman yang diberikan, amarah yang tidak terkontrol, dan frustasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: purwandhanaarie99@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:46
Last Modified: 21 Feb 2022 03:46
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14722

Actions (login required)

View Item
View Item