Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Murid Dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19

Amrudin, Rosyid (2022) Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Murid Dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Murid Dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. pp. 1-21.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (68kB)

Abstract

Dengan komunikasi yang baik, proses belajar mengajar guru dan murid juga akan berjalan dengan baik. Dalam proses pembelajaran, guru berkomunikasi dengan murid menggunakan berbagai cara baik komunikasi langsung maupun tidak langsung. Ketika guru berdiri mengajar di depan murid, guru bisa langsung berkomunikasi dengan murid tanpa menggunakan perantara. Pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia telah merubah proses belajar mengajar di seluruh dunia. Proses belajar dan mengajar rata-rata dilakukan dari jarak jauh atau jadi pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pola komunikasi yang dilaksanakan guru dengan peserta didik selama masa covid-19 di SD Jageran, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Tipe penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tahapan penelitian dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, lalu menggunakan teknik analisis data. Berdasarkan hasil temuan di lokasi penelitian di SD Jageran, penulis dapat menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang sering digunakan yaitu pola komunikasi satu arah dan pola komunikasi dua arah, tetapi pola komunikasi dua arah yang paling efektif. Faktor penghambat dari proses komunikasi adalah hambatan dari pengiriman pesan, penerima pesan, hambatan teknis, hambatan fisik, hambatan semantik dan hambatan psikologis. Sedangkan solusinya adalah guru memberi kesenjangan waktu apabila peserta didik tersebut memberitahu sebelumnya, memberikan kuota gratis kepada peserta didik sedangkan kelebihan dan kekurangannya adalah kebanyakan lebih dominan kekurangannya yang banyak.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi yang terjalin antara guru dengan murid selama pandemi covid-19.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:23
Last Modified: 17 Feb 2022 04:23
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14761

Actions (login required)

View Item
View Item