HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING

Dahlia, Resti Fahmi (2017) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan
persepsi siswa terhadap iklim sekolah dengan perilaku
bullying
. Sehingga hipotesis
pertama
dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara harga diri denga
perilaku
bullying
dan selanjutnya hipotesis kedua adalah ada hubungan negatif antara
persepsi siswa terhadap iklim sekolah dengan perilaku
bullying
. Subjek penelitian
sebanyak 110 subjek.
Analisis data menggunakan korelasi
product moment
, hasil
analisis
untuk hipot
esis pertama menunjukan
korelasi
푟푟
푥푥푥푥
sebesar
-0.200, (p<0,05).
Berarti ada hubungan negatif
antara
harga diri dengan
perilaku
bullying
. Semakin
tinggi harga diri maka semakin
rendah perilaku
bullying
yang dilakukan siswa.
Faktor
harga diri
memberikan sumbangan sebesar 4% terhadap
perilaku
bullying
. Sementara
96% lainnya dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.
Selanjutnya untuk hipotesis kedua
antara
persepsi siswa terhadap iklim sekolah dengan
perilaku
bully
ing
, hasil analisis menunjukkan korelasi r
xy
sebesar
-0.199, (p<0.05).
berarti ada hubungan negatif antara persepsi siswa terhadap iklim sekolah dengan
perilaku
bullying
. Semakin tinggi persepsi siswa terhadap iklim sekolah maka semakin
rendah perilaku
bullying
yang dilakukan siswa. Faktor persepsi siswa terhadap iklim
sekolah memberikan sumbangan terhadap perilaku
bullying
sebesar 4%. Sementara
96% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini
.
Kata
Kunci:
Harga Dir
i, Perilaku
Bullying
, Persepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Triana Noor Edwina D.S, M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 29 Jan 2018 04:45
Last Modified: 18 Aug 2022 01:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item
View Item