Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Di Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru Yang Mengikuti Pembelajaran Daring

Kurniawati, Ary (2022) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Di Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru Yang Mengikuti Pembelajaran Daring. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
17081821_Ary Kurniawati_R33F_NASKAH PUBLIKASI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan penyesuaian diri di perguruan tinggi pada mahasiswa baru yang mengikuti penmbelajaran daring. Hipotesis yang diaujukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara efikasi diri dengan penyesuaian diri di perguruan tinggi pada mahasiswa baru yang mengikuti pembelajaran daring. Semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki maka semakin tinggi tingkat penyesuaian diri di perguruan tinggi pada mahasiswa baru yang mengikuti pembelajaran daring. Sebaliknya, semakin rendah efikasi diri yang dimiliki akan semakin rendah penyesuaian diri pada mahasiswa baru yang mengikuti pembelajaran daring. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa semester 1 dan 2 Universitas Mercubuana Yogyakarta, berjumlah 100 orang, berusia 18- 25 tahun. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri dan skala penyesuaian diri di perguruan tinggi. Metode analisis data menggunakan product moment dari Karl Person, diperoleh hasil yang menunjukan nilai sig. 0,01 (<0,05) dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,566. Hal ini berarti variabel penyesuaian diri di perguruan tinggi memiliki hubungan positif dengan variabel efikasi diri.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, penyesuaian diri, mahasiswa baru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:42
Last Modified: 07 Mar 2022 02:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14855

Actions (login required)

View Item
View Item