PEMETAAN LAHAN DAN HASIL PERTANIAN DENGAN METODE QUERY SPATIAL BERBASIS GIS (SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS) DINAS PERTANIAN KABUPATEN MANGGARAI

Sitepu, Beatinus Brianevant Frananta (2022) PEMETAAN LAHAN DAN HASIL PERTANIAN DENGAN METODE QUERY SPATIAL BERBASIS GIS (SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS) DINAS PERTANIAN KABUPATEN MANGGARAI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
NASKAH SKRIPSI-BEATINUS BRIANEVANT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris dimana pertanian menjadi salah satu mata pencaharian dan menjadikan pertanian sebagai salah satu sektor strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Hasil pertanian di Indonesia dipengaruhi oleh faktor geografis seperti daerah pegunungan atau dataran tinggi biasanya hasil pertanian lebih dominan pada sayur-sayuran dan daun-daunan. Sementara untuk daerah dataran rendah biasanya lebih jenis pertanian didominasi oleh padi, tanaman palawija, kedelai maupun biji-bijian dan rempah-rempah. Berdasarkan jeni-jenis pertanian diatas, terdapat perbedaan komoditi hasil pertanian akibat perbedaan letak geografis antara dataran tinggi dan dataran rendah. Oleh sebab itu diperlukan adanya terobosan sebuah sistem yang mampu memetakan wilayah berdasarkan ketersediaan lahan dan jenis komoditi pertanian agar dapat dilakukan pemantauan aktivitas pertanian terutama di dinas pertanian Kabupaten Manggarai yang saat ini terus berupaya untuk menggenjot hasil pertanian. Melihat belum adanya sistem informasi geografis manajamen pertanian di Kabupaten manggarai, peniliti dalam hal ini mengambil judul “Pemetaan Lahan Dan Hasil Pertanian Dengan Metode Query Spatial Berbasis Sistem Informasi Geografis Pada Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai” dengan tujuan dapat memberikan data secara update mengenai ketersediaan dan pemetaan lahan pertanian diseluruh wilayah Kabupaten Manggarai dengan menampilkan data informasi geografis yang dapat dilihat berdasarkan wilayah kecamatan, wilayah desa untuk mengetahui jenis dan hasil pertanian di wilayah tersebut. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi dinas pertanian kabupaten Manggarai untuk memajukan pertanian Kabupaten Manggarai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: dinas pertanian kabupaten manggarai, sistem informasi geografis, website pemetaan lahan dan hasil pertanian.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Teknik Informatika UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 10:17
Last Modified: 07 Mar 2022 10:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15044

Actions (login required)

View Item
View Item