Benarkah Selama Pembelajaran Daring Mahasiswa Mengakses Internet Untuk Kepentingan Non Akademik?

Rinaldi, Martaria Rizky (2021) Benarkah Selama Pembelajaran Daring Mahasiswa Mengakses Internet Untuk Kepentingan Non Akademik? In: Prosding Temul Ilmiah Nasional:. Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, Jakarta, pp. 573-583. ISBN 2807-8128

[thumbnail of Similiarity Artikel]
Preview
Text (Similiarity Artikel)
PROSIDINGCOVER_1_halaman_1_5_574_584.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi membuat diberlakukannya kebijakan
pembelajaran daring untuk menunjang proses pembelajaran. Akan tetapi, ternyata proses
pembelajaran daring mengalami beberapa hambatan. Rasa ketidaknyamanan muncul karena
beban tugas lebih banyak dan mahasiswa kurang memahami materi. Di sisi lain, pembelajaran
daring memiliki fleksibilitas yang besar dan lemah dalam pengawasan terhadap mahasiswa.
Kondisi ini membuat mahasiswa dapat bebas mengakses internet untuk apapun, termasuk hal-
hal di luar akademik selama pembelajaran atau disebut dengan cyberloafing. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mendapatkan data empiris mengenai cyberloafing atau perilaku
menggunakan internet untuk tujuan-tujuan di luar aktivitas akademik yang dilakukan saat
proses pembelajaran daring. Sampel penelitian yaitu 211 mahasiswa yang sedang menjalani
pembelajaran daring yang terdiri atas 152 perempuan (72%) dan 59 laki-laki (28%).
Pengumpulan data dengan menggunakan Skala Cyberloafing dengan skor reliabilitas α =
0,871. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif dan uji beda dengan t-test.
Temuan dari penelitian ini yaitu 8,5% mahasiswa menunjukkan cyberloafing tinggi, 85%
sedang, dan 8,5% rendah. Hasil temuan lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada
perbedaan jenis kelamin dalam cyberloafing pada mahasiswa selama pembelajaran daring.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa melakukan
perilaku mengakses internet di luar kepentingan akademik selama pembelajaran daring

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: cyberloafing, pembelajaran daring, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 24 Mar 2022 06:57
Last Modified: 24 Mar 2022 06:57
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15094

Actions (login required)

View Item
View Item