Pengaruh Corporate Governance, Leverage, Return On Assets, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Basic Material Dan Energy Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

Murtiningtyas, Endah Dwijayanti (2022) Pengaruh Corporate Governance, Leverage, Return On Assets, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Basic Material Dan Energy Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI_ENDAH DWIJAYANTI MURTININGTYAS_200620110.docx

Download (877kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh corporate governance yang diproksikan dengan komisaris independen, kepemilikan manajerial dan komite audit, leverage, return on assets, dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan sektor basic material dan energy yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2020. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu komisaris independen, kepemilikan manajerial, komite audit, leverage, return on assets, dan ukuran perusahaan. Sedangkan variabel dependennya yaitu penghindaran pajak yang diukur dengan menggunakan Cash Effective Tax Rate (CETR). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diperoleh dari www.idx.co.id dan website masing-masing perusahaan.

Populasi dari penelitian ini adalah 163 perusahaan sektor basic material dan energy yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh total sampel yang digunakan sebanyak 41 perusahaan dengan masa pengamatan empat tahun. Sehingga keseluruhan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 164. Penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linear berganda dan data diolah menggunakan software SPSS.

Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan pada penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel komisaris independen dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap penghindaran pajak serta variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa variabel kepemilikan manajerial, komite audit, dan return on assets tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Corporate Governance, Leverage, Return on Assets, Ukuran Perusahaan, dan Penghindaran Pajak
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 29 Mar 2022 05:49
Last Modified: 29 Mar 2022 05:49
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15118

Actions (login required)

View Item
View Item