Hubungan Antara Persepsi Risiko Tbc Dengan Tingkat Kecemasan Tertular Tbc Pada Masyarakat Yang Tinggal di Pemukiman Padat Penduduk

Rahmawati, Fitri Ade (2022) Hubungan Antara Persepsi Risiko Tbc Dengan Tingkat Kecemasan Tertular Tbc Pada Masyarakat Yang Tinggal di Pemukiman Padat Penduduk. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (17kB)

Abstract

Persepsi risiko TBC adalah kerentanan yang dirasakan oleh individu terhadap sebuah ancaman, dimana persepsi risiko TBC merupakan penilaian individu terhadap bahaya TBC yang mengancam kesehatan masyarakat. Kecemasan tertular TBC yaitu perasaan takut yang berlebihan terhadap suatu penyakit, sehingga dapat menimbulkan rasa khawatir akan tertular penyakit TBC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi risiko TBC dengan tingkat kecemasan tertular TBC pada masyarakat yang tinggal di pemukiman padat penduduk. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara persepsi risiko TBC dengan tingkat kecemasan tertular TBC pada masyarakat yang tinggal di pemukiman padat penduduk. Subjek penelitian melibatkan 62 masyarakat yang tinggal di pemukiman padat penduduk kota Palangkaraya dengan rentang usia 15- 56 tahun. Pengumpulan data menggunakan skala persepsi risiko TBC dan tingkat kecemasan tertular TBC. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil analisis diperoleh r = -0,149 dan p > 0,050. Hal ini menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi risiko TBC dengan tingkat kecemasan tertular TBC pada masyarakat yang tinggal di pemukiman padat penduduk sehingga hipotesis pada penelitian ini ditolak. Koefisien determinasi (R²) yang diperoleh sebesar 0,022 yang berarti variabel persepsi risiko TBC memberikan sumbangan terhadap tingkat kecemasan tertular TBC sebanyak 4,84% dan sisanya 95,1% disebabkan oleh faktor lain.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UUMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kecemasan Tertular TBC, Persepsi Risiko TBC
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 29 Mar 2022 08:29
Last Modified: 29 Mar 2022 08:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15128

Actions (login required)

View Item
View Item