Kusuma, Maria Immaculata Murwantini (2017) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA KURSUS DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN ADI TIARA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (354kB)
Bab 1 PENDAHULUAN.pdf
Download (236kB) | Preview
Bab 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (467kB)
Bab 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (216kB)
Bab 4 ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (218kB)
Bab 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (279kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara harga diri dan efikasi diri
dengan motivasi belajar pada siswa pendidikan nonformal, yaitu peserta kursus di
Lembaga Kursus dan Pelatihan Adi Tiara, Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini
adalah: 1) Ada hubungan positif antara harga diri dengan motivasi belajar pada
siswa, 2) Ada hubungan positif antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada
siswa, dan 3) Ada hubungan antara harga diri dan efikasi diri dengan motivasi
belajar pada siswa. Penelitian ini didesain sebagai penelitian asosiatif yaitu
penelitian yang digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap
variabel dependen. Metode pengumpulan datanya adalah metode skala, yang
meliputi skala harga diri, efikasi diri dan motivasi belajar siswa. Skala tersebut
dirancang sendiri oleh peneliti, dan 40 responden (seluruh populasi) tinggal
memilih jawaban yang telah disediakan. Jawaban responden kemudian dianalisis
dengan teknik statistik berupa analisis korelasi product momentdan regresi ganda.
Hasil penelitian ini membuktikan tiga hipotesis tersebut, yakni:1) Harga diri
memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan motivasi belajar, dengan
koefisien korelasi 0,613 (p< 0,01),2) Efikasi diri memiliki hubungan yang positif
dan signifikan dengan motivasi belajar, dengan koefisien korelasi 0,686 (p< 0,01),
dan 3) Harga diri dan efikasi diri secara simultan memiliki hubungan yang
signifikan dengan motivasi belajar, yang dibuktikan melalui uji regresi ganda
dengan koefisien korelasi R sebesar 0,841 (p < 0,05).
Kata kunci:harga diri, efikasi diri, motivasi belajar, pendidikan nonformal
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Dr. Rahma Widyana, M. Si |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains |
Depositing User: | Magister Psikologi Profesi UMBY |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 06:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2018 06:34 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1515 |