NIAT BELI KONSUMEN TERHADAP SABUN LUX DITINJAU DARI KREDIBILITAS SELEBRITI, CITRA VISUAL IKLAN DAN CITRA VERBAL IKLAN

Fauzan, Achmad (2017) NIAT BELI KONSUMEN TERHADAP SABUN LUX DITINJAU DARI KREDIBILITAS SELEBRITI, CITRA VISUAL IKLAN DAN CITRA VERBAL IKLAN. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of 3. BAB I.pdf]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 23. Bookmark.pdf] Text
23. Bookmark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi pengaruh kredibilitas selebriti,
citra visual iklan dan citra verbal iklan terhadap niat beli konsumen. Pemilihan sabun
lux sebagai objek penelitian karena sabun Lux secara konsisten memakai selebriti
sebagai bintang iklannya. Subjek penelitian berjumlah 150 orang dari mahasiswi
Universitas Amikom dan UII Yogyakarta yang mengenal sabun lux. Teknik sampling
penelitian ini adalah purposive atau jugmental sampling. Pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan skala niat beli, skala kredibilitas selebriti, skala citra
visual iklan dan citra verbal iklan. Teknik analisis statistik penelitian ini
menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
ada pengaruh positif dan signifikan kredibilitas selebriti, citra visual iklan dan citra
verbal iklan secara bersama-sama terhadap niat beli konsumen dengan F hitung
sebesar 70.277 (p = 0.00), dan nilai koefisien determinannya sebesar 0.582. Hal ini
berarti bahwa kredibilitas selebriti, citra visual iklan dan citra verbal iklan secara
bersama-sama mampu memprediksi variabel niat beli sebesar 58.2 %, sisanya 41.8%
diprediksi oleh variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Secara parsial,
kredibilitas selebriti berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan t
hitung sebesar 9.242 (p = 0.00) dengan sumbangan efektif sebesar 31%, citra visual
iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan t hitung sebesar
7.788 (p = 0.00) dengan sumbangan efektif sebesar 20.7%, dan citra verbal iklan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan t hitung 3.160 (p = 0.02)
dengan sumbangan efektif sebesar 6.3%.
Kata Kunci: Kredibilitas Selebriti, Citra Visual Iklan, Citra Verbal Iklan, Niat Beli

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Alimatus Sahrah, M.M., M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 29 Jan 2018 06:36
Last Modified: 16 Aug 2022 06:24
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item
View Item