Studi Perbandingan Kinerja Ayam Broiler Pada Kandang Terbuka (Open House) Dan Tertutup (Closed House) Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Apieni, Floravia (2020) Studi Perbandingan Kinerja Ayam Broiler Pada Kandang Terbuka (Open House) Dan Tertutup (Closed House) Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Studi Perbandingan Kinerja Ayam Broiler Pada Kandang Terbuka (Open House) Dan Tertutup (Closed House) Di Daerah Istimewa Yogyakarta. pp. 1-11.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja produksi ayam broiler pada kandang open house dan closed house di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14–28 September 2020. Materi penelitian yang digunakan adalah peternak ayam broiler strain MB 202 pada kandang open house dan closed house. Alat yang digunakan adalah kuisioner, alat tulis serta kamera untuk dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel peternak pada kandang open house adalah metode purposive sampling, sedangkan peternak pada kandang closed house adalah metode sensus. Variabel yang diamati antara lain : umur panen, rata-rata bobot panen, pertambahan bobot badan, FCR, tingkat deplesi, daya hidup serta indeks performan. Data primer pada penelitian ini dianalisis menggunakan paired t-test, sedangkan data sekunder dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rerata umur panen pada kandang closed house dan open house berturut-turut adalah 34 dan 35 hari dengan rerata bobot panen 2,03 dan 2,07 kg. Rerata pertambahan bobot badan pada kandang closed house dan open house berturut-turut adalah 1,99 dan 2,04 kg dengan rerata bobot DOC 41 gram. Rerata nilai FCR pada kandang closed house dan open house berturut-turut adalah 1,55 dan 1,62 dengan tingkat deplesi 3,00 dan 4,00%. Rerata nilai indeks performan pada kandang closed house dan open house berturut-turut adalah 372,57 dan 353,25. Berdasarkan hasil analisis paired t-test pada semua variabel kinerja produksi antara kedua kandang menunjukkan bahwa kinerja produksi antara kedua kandang berbeda secara signifikan. Disimpulkan bahwa kinerja ayam broiler pada kandang closed house lebih baik dibandingkan dengan kandang open house.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Ayam broiler, indeks performan, kandang open house, kandang closed house, kinerja produksi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:08
Last Modified: 21 Apr 2022 06:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15394

Actions (login required)

View Item
View Item