Hubungan Antara Ketakutan Akan Kegagalan Dengan Perilaku Plagiarisme Mahasiswa Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Makrifatin, Anis (2022) Hubungan Antara Ketakutan Akan Kegagalan Dengan Perilaku Plagiarisme Mahasiswa Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hubungan Antara Ketakutan Akan Kegagalan Dengan Perilaku Plagiarisme Mahasiswa Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. pp. 1-12.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
16081335_Anis Makrifatin_Kelas Reguler_Naskah Publikasi news.docx

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketakutan akan kegagalan dengan perilaku plagiarisme mahasiswa Fakultas Psikologi UMBY. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada mahasiswa bahwa takut gagal adalah salah satu penyebab plagiarisme. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman diri dan keterampilan penyelesaian tugas sehingga terhindar dari budaya plagiarisme. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yakni ada hubungan antara ketakutan akan kegagalan dengan perilaku plagiarisme mahasiswa Fakultas Psikologi UMBY. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala ketakutan akan kegagalan dan skala plagiarisme. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 99 mahasiswa yang memiliki karakteristik mahasiswa Fakultas psikologi dan sedang menempuh semester 4 dan seterusnya. Penelitian ini menguji hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi product momen yang dikembangkan oleh Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis product momen diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0,638 dengan p = 0,01 (p < 0,050) berarti ada hubungan yang positif antara ketakutan Akan Kegagalan dengan Plagiarisme. Semakin tinggi Ketakutan Akan Kegagalan maka akan semakin tinggi pula tingkat Plagiarisme. Sebaliknya, semakin rendah Ketakutan Akan Kegagalan maka akan semakin rendah pula tingkat Plagirisme. Selain itu hasil analisis data tersebut juga menunjukkan nilai koefisiensi determinasi (R²) sebesar 0,408 yang menunjukkan bahwa variabel Ketakutan Akan Kegagalan memberi kontribusi sebesar 40,8% terhadap Perilaku Plagiarisme dan sisanya 59,2% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Ketakutan Akan Kegagalan, Plagiarisme.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 28 Apr 2022 02:20
Last Modified: 28 Apr 2022 02:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15433

Actions (login required)

View Item
View Item