HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN AFILIASI DAN PRESENTASI DIRI MELALUI INSTAGRAM PADA DEWASA AWAL YANG BEKERJA

Ginting, Grace Ivony Br (2022) HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN AFILIASI DAN PRESENTASI DIRI MELALUI INSTAGRAM PADA DEWASA AWAL YANG BEKERJA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebutuhan afiliasi dan presentasi diri melalui Instagram pada dewasa awal yang bekerja. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kebutuhan afiliasi dan presentasi diri melalui Instagram pada dewasa awal yang bekerja. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 105 orang dewasa awal yang bekerja usia 20-35 tahun serta menggunakan media sosial Instagram. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah skala presentasi diri dan skala kebutuhan afiliasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0,410 dan p = 0,000 (p < 0,050), hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif antara kebutuhan afiliasi dan presentasi diri melalui Instagram pada dewasa awal yang bekerja, sehingga hipotesis penelitian dapat diterima. Koefisien determinasi atau R square (R²) sebesar 0,168, hal ini menunjukkan bahwa variabel kebutuhan afiliasi memberikan sumbangan kepada variabel presentasi diri sebanyak 16,8% sementara sisanya 83,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: dewasa awal yang bekerja, kebutuhan afiliasi, presentasi diri melalui Instagram.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 09 May 2022 04:37
Last Modified: 09 May 2022 04:37
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15438

Actions (login required)

View Item
View Item