HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN NOMOPHOBIA DENGAN CYBERSLACKING PADA MAHASISWA DI MASA PEMBELAJARAN DARING

Wicaksono, Bagas Arta (2022) HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN NOMOPHOBIA DENGAN CYBERSLACKING PADA MAHASISWA DI MASA PEMBELAJARAN DARING. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
17081719_Bagas Arta Wicaksono_Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Sistem pembelajaran daring atau e-learning merupakan suatu desain pembelajaran instruksional yang memungkinkan terjadinya interaksi jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi. Pembelajaran daring yang memanfaatkan teknologi internet sangatlah membantu terutama bagi mahasiswa. Namun mahasiswa cenderung menggunakan kesempatan tersebut untuk melakukan cyberslacking seperti mengakses media sosial, bermain game, serta berbagai hal lain yang tidak ada hubungannya dengan perkuliahan. Kecenderungan nomophobia adalah perasaan takut serta gelisah secara berlebihan yang diakibatkan karena individu tidak melakukan kontak sama sekali dengan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecenderungan nomophobia dengan cyberslacking pada mahasiswa di masa pembelajaran daring. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah atau sedang melakukan proses pembelajaran daring. Data penelitian ini dikumpulkan dengan Skala Kecenderungan Nomophobia dan Skala Cyberslacking. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dari Pearson yang diolah menggunakan SPSS v25. Hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif antara kecenderungan nomophobia dengan cyberslacking pada mahasiswa di masa pembelajaran daring dengan r = 0,274 dan p = 0,02 (p < 0,050). Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukan koefisien determinasi (R²) yang memperoleh sumbangan efektif sebesar 0,064 atau 6,4% dari kecenderungan nomophobia untuk cyberslacking dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Cyberslacking, Daring, kecenderungan Nomophobia, Mahasiswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 13 May 2022 07:01
Last Modified: 13 May 2022 07:01
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item
View Item