PELATIHAN KONTROL DIRI UNTUK MENURUNKAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA MAHASISWA DI MAKASSAR

Nasir, Muh Fauzan Rahmatullah (2022) PELATIHAN KONTROL DIRI UNTUK MENURUNKAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA MAHASISWA DI MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan control diri dapat menurunkan kecanduan game online pada mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan perilaku kecanduan game online sebelum diberi pelatihan kontrol diri dan setelah pelatihan kontrol diri. Kecanduan game online setelah diberi pelatihan kontrol diri lebih rendah dari pada sebelum pelatihan kontrol diri. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelompok umur 20-24 tahun. Subjek penelitian sebanyak 12 orang. Pengumpulan data menggunakan skala Kecanduan Game online dan skala control diri, serta wawancara. Wawancara yang diberikan kepada subjek untuk mengetahui jumlah rata-rata waktu yang digunakan mahasiswa bermain game online dalam satu hari. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan Paired sample t test. Berdasarkan Uji Paired Sampel T test diperoleh nilai t =7.740 (p<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima, yakni ada perbedaan kecanduan game online sebelum pelatihan dan setelah pelatihan. Kecanduan bermain game online setelah pelatihan lebih rendah (rata-rata Post-Test 13.17) dari pada sebelum pelatihan kontrol diri (nilai rata-rata Pre-Test 18.50). Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan Kontrol diri dapat menurunkan kecanduan game online mahasiswa di Universitas Negeri Makassar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Kontrol diri, Kecanduan, Game online, analisis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 18 May 2022 01:35
Last Modified: 18 May 2022 01:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15576

Actions (login required)

View Item
View Item