Hubungan Antara Kelompok Referensi Dengan Minat Beli Online Pada Generasi Z

Miswan, Miswan (2022) Hubungan Antara Kelompok Referensi Dengan Minat Beli Online Pada Generasi Z. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
17081662_Miswan_Naskah Publikasi.doc

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelompok referensi dengan minat beli online pada generasi Z. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kedua variabel tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah generasi Z, berusia 18-26 tahun dan pernah melakukan pembelian online dengan jumlah 150 orang. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan skala kelompok referensi dan skala minat beli. Metode analisis data yang digunakan adalah product moment menggunakan bantuan program SPSS v22.0. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0,683 dengan p<0,000 yang berarti ada hubungan positif antara kelompok referensi dengan minat beli online pada generasi Z. Adapun besaran koefisien korelasi determinasi (R2) sebesar 0,433 yang menandakan bahwa kelompok referensi memberikan sumbangan efektif dan berkontribusi sebesar 43,3% terhadap minat beli pada generasi Z dan sisanya 56,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: kelompok referensi, minat beli, generasi Z
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:45
Last Modified: 21 Jun 2022 02:45
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15603

Actions (login required)

View Item
View Item