Mahasti, Viddyana Astrid Aninditya (2017) ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA MANAJEMEN (STUDI KASUS PADA INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (36kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (98kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (140kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (217kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (196kB)
BAB V.pdf
Download (77kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (586kB)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Analisis Balanced ScorecardSebagai Alat Ukur Kinerja Manajemen
(Studi Kasus Pada Institut Teknologi Yogyakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja ITY dengan pendekatan
Balanced Scorecard. Penelitian ini dilakukan dengan mengukur tingkat kinerja
ITY pada empat aspek (perspektif) kinerja Balanced Scorecard, yaitu: perspektif
keuangan, perspektif pelanggan, proses bisnis internal, dan Perspektif belajar dan
pertumbuhan.
Penelitian ini menggunakan mahasiswa dan staf ITY sebagai responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ITY pada katagori baik pada
umumnya. Kinerja perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang baik yang
menandakan kebutuhan ekonomi yang ekonomis, efektif, dan cukup efisiensi,
sedangkan kinerja perspektif pelanggan semakin meningkat. Kinerja proses bisnis
internal menunjukkan katagori baik dan juga kinerja perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan menunjukkan kategori yang baik. Hasilnya merekomendasikan ITY
untuk berupaya memperbaiki kinerja ITY yang selama ini berada pada tingkat
yang baik menjadi kategori yang sangat baik.
Dengan demikian, kinerja manajemen di ITY apabila diukur dengan 4
perspektif balanced scorecardtelah sesuai dengan yang diharapkan.
Kata kunci: pengukuran kinerja, Balanced Scorecard, perspektif keuangan,
pelanggan Perspektif, proses perspektif bisnis internal, perspektif pembelajaran
dan pertumbuhan.
ABSTRACT
This study is appropriate for measures of ITY performance with Balanced
Scorecard approach. This research is conducted by measuring the level of
performance on Balanced Scorecard, namely: financial perspective, customer
perspective, internal business process, and learning and growth perspective.
This study uses students and ITY staff as respondents. The results showed
the performance of ITY in the good category in general. Performance of financial
perspective with excellent performance, energy saving, efficiency, and efficiency.
Internal business process performance demonstrates both categories as well as
good category perspective performance. Make an ITY game to successfully
improve the performance of schools that have been at a good level to be a very
good category,
Thus, management performance in ITY when measured by 4 balanced
scorecard perspectives has been as expected.
Keywords: performance measurement, Balanced Scorecard, financial perspective,
customer Perspective, internal business perspective process, learning and growth
perspective
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Mushawir, SE., MM |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Akuntansi UMBY |
Date Deposited: | 10 Feb 2018 04:01 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 02:26 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1574 |