ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA MANAJEMEN (STUDI KASUS PADA INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA)

Mahasti, Viddyana Astrid Aninditya (2017) ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA MANAJEMEN (STUDI KASUS PADA INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis Balanced ScorecardSebagai Alat Ukur Kinerja Manajemen
(Studi Kasus Pada Institut Teknologi Yogyakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja ITY dengan pendekatan
Balanced Scorecard. Penelitian ini dilakukan dengan mengukur tingkat kinerja
ITY pada empat aspek (perspektif) kinerja Balanced Scorecard, yaitu: perspektif
keuangan, perspektif pelanggan, proses bisnis internal, dan Perspektif belajar dan
pertumbuhan.
Penelitian ini menggunakan mahasiswa dan staf ITY sebagai responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ITY pada katagori baik pada
umumnya. Kinerja perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang baik yang
menandakan kebutuhan ekonomi yang ekonomis, efektif, dan cukup efisiensi,
sedangkan kinerja perspektif pelanggan semakin meningkat. Kinerja proses bisnis
internal menunjukkan katagori baik dan juga kinerja perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan menunjukkan kategori yang baik. Hasilnya merekomendasikan ITY
untuk berupaya memperbaiki kinerja ITY yang selama ini berada pada tingkat
yang baik menjadi kategori yang sangat baik.
Dengan demikian, kinerja manajemen di ITY apabila diukur dengan 4
perspektif balanced scorecardtelah sesuai dengan yang diharapkan.
Kata kunci: pengukuran kinerja, Balanced Scorecard, perspektif keuangan,
pelanggan Perspektif, proses perspektif bisnis internal, perspektif pembelajaran
dan pertumbuhan.
ABSTRACT
This study is appropriate for measures of ITY performance with Balanced
Scorecard approach. This research is conducted by measuring the level of
performance on Balanced Scorecard, namely: financial perspective, customer
perspective, internal business process, and learning and growth perspective.
This study uses students and ITY staff as respondents. The results showed
the performance of ITY in the good category in general. Performance of financial
perspective with excellent performance, energy saving, efficiency, and efficiency.
Internal business process performance demonstrates both categories as well as
good category perspective performance. Make an ITY game to successfully
improve the performance of schools that have been at a good level to be a very
good category,
Thus, management performance in ITY when measured by 4 balanced
scorecard perspectives has been as expected.
Keywords: performance measurement, Balanced Scorecard, financial perspective,
customer Perspective, internal business perspective process, learning and growth
perspective

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Mushawir, SE., MM
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 10 Feb 2018 04:01
Last Modified: 18 Aug 2022 02:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1574

Actions (login required)

View Item
View Item