Mahasti, Viddyana Astrid Aninditya (2017) ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA MANAJEMEN (STUDI KASUS PADA INSTITUT TEKNOLOGI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
 Text
            
        
Text
ABSTRAK.pdf
 Text
            
        
Text
BAB I.pdf
 Text
            
        
Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
 Text
            
        
Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
 Text
            
        
Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
 Text
            
        
Text
BAB V.pdf
 Text
            
        
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
 Text
            
        
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only
Abstract
Analisis Balanced ScorecardSebagai Alat Ukur Kinerja Manajemen 
(Studi Kasus Pada Institut Teknologi Yogyakarta) 
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja ITY dengan pendekatan 
Balanced Scorecard. Penelitian ini dilakukan dengan mengukur tingkat kinerja 
ITY pada empat aspek (perspektif) kinerja  Balanced Scorecard, yaitu: perspektif 
keuangan, perspektif pelanggan, proses bisnis internal, dan Perspektif belajar dan 
pertumbuhan. 
Penelitian ini menggunakan mahasiswa dan staf ITY sebagai responden. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ITY pada katagori baik pada 
umumnya. Kinerja perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang baik yang 
menandakan kebutuhan ekonomi yang ekonomis, efektif, dan cukup efisiensi, 
sedangkan kinerja perspektif pelanggan semakin meningkat. Kinerja proses bisnis 
internal menunjukkan katagori baik dan juga kinerja perspektif pembelajaran dan 
pertumbuhan menunjukkan kategori yang baik. Hasilnya merekomendasikan ITY 
untuk berupaya memperbaiki kinerja ITY yang selama ini berada pada tingkat 
yang baik menjadi kategori yang sangat baik. 
Dengan demikian, kinerja manajemen di ITY apabila diukur dengan 4 
perspektif balanced scorecardtelah sesuai dengan yang diharapkan. 
Kata kunci: pengukuran kinerja, Balanced Scorecard, perspektif keuangan, 
pelanggan Perspektif, proses perspektif bisnis internal, perspektif pembelajaran 
dan pertumbuhan. 
ABSTRACT 
This study is appropriate for measures of ITY performance with Balanced 
Scorecard approach. This research is conducted by measuring the level of 
performance on Balanced Scorecard, namely: financial perspective, customer 
perspective, internal business process, and learning and growth perspective. 
This study uses students and ITY staff as respondents. The results showed 
the performance of ITY in the good category in general. Performance of financial 
perspective with excellent performance, energy saving, efficiency, and efficiency. 
Internal business process performance demonstrates both categories as well as 
good category perspective performance. Make an ITY game to successfully 
improve the performance of schools that have been at a good level to be a very 
good category, 
Thus, management performance in ITY when measured by 4 balanced 
scorecard perspectives has been as expected. 
Keywords: performance measurement, Balanced Scorecard, financial perspective, 
customer Perspective, internal business perspective process, learning and growth 
perspective
| Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
| Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Mushawir, SE., MM | 
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance | 
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi | 
| Depositing User: | Akuntansi UMBY | 
| Date Deposited: | 10 Feb 2018 04:01 | 
| Last Modified: | 18 Aug 2022 02:26 | 
| URI: | https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1574 | 

