Hartiana, Maria Eka (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA, DAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2020/2021 (STUDI PADA SMA NEGERI 1 TAHUNAN). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (48kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (58kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (226kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (248kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (271kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (46kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (116kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (566kB) | Request a copy
Skripsi Full Text_Maria Eka H_(18051009) - Maria Eka (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Sekolah menjadi sarana penting dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berprestasi dan berkualitas. Guna mendukung hal tersebut tentunya sekolah juga perlu manajemen yang baik. Kepala sekolah ada jabatan tertinggi yang ada di sekolah. Dengan segala kewenangannya, kepala sekolah harus menjadi pemimpin yang mampu berpikir secara kritis atas masalah yang sekarang sedang dihadapi, sehingga kebijakannya akan membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lancar, walaupun kegiatan berjalan pada kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini. Dalam situasi dan kondisi apapun tentunya tidak menjadi penghalang bagi seorang kepala sekolah dalam upaya meningkatkan prestasi para siswanya. Maka dari itu sdanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan,disiplin kerja dan kinerja kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa, yang dimana penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tahunan Jepara dengan pengambilan sampel sebanyak 131 responden yang terdiri dari siswa kelas XI tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengambilan penelitian dengan menggunakan kuisioner. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut 1). Kepemimpinan tidak berpengruh secara signifikan terhadap Prestasi Belajar. 2). Disiplin Kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Belajar. 3). Kinerja berpengaruh terhadap prestasi belajar. Maka dari itu saran yang dapat diajukan untuk penelitian ini adalah kepala sekolah dapat meningkatkan inisiatif dan perhatian agar siswa nyaman dalam melakukan pembelajaran disekolah. Tak hanya itu kepala sekolah juga perlu meningkatkan keadilan dan kesadaran dalam menjalankan tugas dan kewajibannya agar dapat memberikan dampak positif pada prestasi belajar siswa. Karena kepemimpinan dan disiplin kerja kepala sekolah sangatlah penting bagi manajemen sekolah guna meningkatkan mutu dan kualitas sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 UMBY |
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Kinerja, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Managemen UMBY |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 10:10 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 10:10 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15770 |