PENDIDIKAN MASYARAKAT BERBASIS WAWASAN KEBANGSAAN: UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DI KAMPUNG PANCASILA

Hastangka, Hastangka and Rochwidowati, Novia Sinta and Sa’adah, Annas Fitria (2022) PENDIDIKAN MASYARAKAT BERBASIS WAWASAN KEBANGSAAN: UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DI KAMPUNG PANCASILA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1). pp. 82-94. ISSN 2548-8406

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
Jurnal BauBau.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Masyarakat menjadi bagian penting dalam proses pembentukan karakter dan nilai nilai
pembangunan yang berkelanjutan. Masyarakat menjadi pusat dinamika kehidupan. Berbagai
persoalan yang terjadi mulai dari masalah lingkungan, masalah lunturnya budaya dan
kearifan bangsa, dan persoalan kesenjangan ekonomi terjadi pada level masyarakat. Persoalan
yang mendasar yang dihadapi masyarakat saat ini ialah persoalan yang secara umum
menyangkut kehidupan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Ketiga persoalan ini menjadi
perhatian dari seluruh Negara untuk dapat dicarikan solusi yang memadai bagaimana
masyarakat dapat berdaya dan memiliki kemampuan untuk menjawab persoalan
pembangunan sosial tersebut. Kajian ini memfokuskan pada kampung Pancasila karena
kampung ini memiliki persoalan identitas, jati diri, dan pembangunan yang berkelanjutan.
Tujuan dari kajian ini ialah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana pola pendidikan
masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai education for sustainable development dan
bagaimana profil modal sosial yang dimiliki masyarakat terkait wawasan kebangsaan. Studi
ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di
Kampung Pancasila, Gowongan Kidul, Kota Yogyakarta pada tahun 2021. Metode yang
digunakan dalam kajian ini menggunakan pendekatan mix methods, kerangka konseptual
yang digunakan menggunakan kerangka konseptual filsafat pendidikan kemasyarakatan. Data
diperoleh melalui observasi, survei, kajian teoritis atas sumber bacaan dari jurnal, buku,
wawancara, dan FGD. Analisis yang digunakan menggunakan pendekatan analisis
interpretasi dan fenomenologi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pendidikan masyarakat
menjadi upaya penting untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya
pembangunan yang berkelanjutan. Keberhasilan program pembangunan yang berkelanjutan
juga perlu didukung modal sosial yang memadai dan peran tokoh masyarakat sebagai
penggerak anggota yang lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Filsafat; Kampung; Pancasila; Pendidikan Masyarakat; Wawasan Kebangsaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 01 Jul 2022 05:36
Last Modified: 01 Jul 2022 05:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15874

Actions (login required)

View Item
View Item