Ramadhan, Ardhika Fajar (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMAN RITMA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TERHADAP MATERI POKOK ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (174kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (209kB) | Preview
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (343kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (492kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (173kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (161kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB) | Request a copy
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (32MB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat diatasi dengan menciptakan inovasi pembelajaran baik berupa strategi ataupun metode. Salah satu usaha yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aritmetika sosial yang memiliki kualitas baik dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakarta dan validator ahli. Instrumen penelitian yang digunakan adalah media pembelajaran Teman Ritma, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respons siswa, dan soal pretest dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Produk Teman Ritma mendapatkan kriteria “baik” pada aspek media, dan mendapatkan kriteria “sangat baik” pada aspek materi, dengan demikian produk Teman Ritma dinyatakan valid oleh validator ahli materi dan ahli media, (2) Produk Teman Ritma mendapatkan respons “sangat baik” dari hasil uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, sehingga produk Teman Ritma memenuhi kriteria praktis, (3) Produk Teman Ritma efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa karena peningkatan nilai pre-test dan post-test dari kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran Teman Ritma berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dinyatakan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 UMBY |
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Android, Aritmetika Sosial, Media Pembelajaran, Pengembangan, Teman Ritma |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 08:47 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 08:47 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15898 |