Dinamika Workplace Bullying Pada Individu Ketika Menjadi Karyawan Baru

Imha, Ulia Arbarehan (2022) Dinamika Workplace Bullying Pada Individu Ketika Menjadi Karyawan Baru. Dinamika Workplace Bullying Pada Individu Ketika Menjadi Karyawan Baru.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_17081359_Ulia Arbarehan Imha_R1.docx

Download (132kB)

Abstract

Karyawan baru perlu beradaptasi dengan lingkungan kerja sehingga memerlukan bimbingan namun karyawan baru akan kesulitan jika lingkungan kerjanya buruk. Salah satu bentuk lingkungan kerja yang buruk yaitu adanya workplace bullying yang dapat mempengaruhi kinerja dan kondisi mental karyawan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dinamika workplace bullying pada individu ketika menjadi karyawan baru. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana dinamika workplace bullying pada individu ketika menjadi karyawan baru. Informan penelitian berjumlah 2 orang dan significant other berjumlah 2 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah merangkum data, mencari pola dan tema, menginterpretasikan dan menarik kesimpulan. Dinamika yang ditemukan adanya senioritas yang memunculkan perilaku workplace bullying, tidak ada yang membantu informan keluar dari workplace bullying dan korban diam saja tidak membela diri sehingga workplace bullying terus berlanjut dan memunculkan dampak negatif pada informan. Informan dapat keluar dari workplace bullying yang dialami dengan dipindahkan divisi dan keluar dari pekerjaan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: karyawan baru, lingkungan kerja, workplace bullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:27
Last Modified: 01 Aug 2022 07:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item
View Item