Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Sambalat, Firawati (2022) Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. pp. 1-8.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_17081185_FIRAWATI SAMBALAT_R11PAGi.docx

Download (25kB)

Abstract

Masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 125 mahasiswa psikologi angkatan 2018. Hipotesis penelitian ini terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan peilaku konsumtif pada mahasiswa. Instrumen penelitian ini menggunakan skala kontrol diri dan skala perilaku konsumtif. Analisis yang digunakan adalah korelasi product moment dari karl pearson. Berdasarkan uji hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar rxy = - 284 dengan p = 0,001, kaidah yang dapat digunakan dalam uji korelasi Pearson adalah apabila nilai signifikansi <0,050 maka terdapat hubungan atau korelasi diantara variabel bebas dan variabel terikat. yang artinya terdapat hubungan yang negatif antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif. Yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima. Semakin tinggi kontrol diri maka semakin rendah perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan sebaliknya, semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Adapun sumbangan efektif kontrol diri terhadap perilaku konsumtif diketahui sebesar 8,1% dengan demikian 91,9% lainya merupakan sumbangan faktor diluar kontrol diri. Diharapkan bagi mahasiswa bisa meningkatkan kontrol diri yang dimiliki agar dapat mengurangi tingkat perilaku konsumtif.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 16 Aug 2022 01:50
Last Modified: 16 Aug 2022 01:50
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16281

Actions (login required)

View Item
View Item