Faijah, Nutfah (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBANTUAN QUIZWHIZZER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (14kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (68kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (494kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (237kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (377kB) | Request a copy
BAB V_dst.pdf
Download (35kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (142kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB) | Request a copy
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Game Edukasi Berbantuan QuizWhizzer untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan teorema Pythagoras yang berkualitas baik dilihat dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan dari ADDIE. Adapun tahapan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta dengan melibatkan subyek 16 peserta didik dari kelas VIII-I sebagai uji coba skala kecil produk, kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen sekaligus uji coba skala besar produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah memenuhi: (1) Aspek kevalidan dengan kategori baik dari validator ahli materi maupun ahli media, (2) Aspek kepraktisan dengan kategori baik untuk uji coba skala kecil maupun uji coba skala besar, dan (3) Aspek keefektifan yang diketahui dari peningkatan nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan peningkatan nilai pretest dan posttest di kelas kontrol. Sehingga Game Edukasi berbantuan QuizWhizzer untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan teorema pythagoras dinyatakan layak digunakan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Game Edukasi, ADDIE, Teorema Pythagoras |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 01:28 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 01:28 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16303 |