PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBANTUAN QUIZWHIZZER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Faijah, Nutfah (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBANTUAN QUIZWHIZZER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V_dst.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Game Edukasi Berbantuan QuizWhizzer untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan teorema Pythagoras yang berkualitas baik dilihat dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan dari ADDIE. Adapun tahapan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta dengan melibatkan subyek 16 peserta didik dari kelas VIII-I sebagai uji coba skala kecil produk, kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen sekaligus uji coba skala besar produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah memenuhi: (1) Aspek kevalidan dengan kategori baik dari validator ahli materi maupun ahli media, (2) Aspek kepraktisan dengan kategori baik untuk uji coba skala kecil maupun uji coba skala besar, dan (3) Aspek keefektifan yang diketahui dari peningkatan nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan peningkatan nilai pretest dan posttest di kelas kontrol. Sehingga Game Edukasi berbantuan QuizWhizzer untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan teorema pythagoras dinyatakan layak digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Game Edukasi, ADDIE, Teorema Pythagoras
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 01 Sep 2022 01:28
Last Modified: 01 Sep 2022 01:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16303

Actions (login required)

View Item
View Item