PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI KANTOR KELURAHAN X YOGYAKARTA

Suhartoyo, Pratiwi Maharayu (2022) PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI KANTOR KELURAHAN X YOGYAKARTA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK AGUSTUS 2022.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS FULL TEXT] Text (TESIS FULL TEXT)
FILE TESIS FULL PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperiment dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 12 orang pegawai kantor kelurahan x yogyakarta dengan karakteristik tingkat kualitas pelayanan dan keterampilan komunikasi interpersonal yang rendah. Pengumpulan data menggunakan skala kualitas pelayanan dan skala keterampilan komunikasi interpersonal. Berdasarkan hasil analisis Independent Sample T-test diperoleh hasil sebesar 5,748 dengan taraf signifikansi 0,02 (p<0,05), yang artinya terdapat perbedaan kualitas pelayanan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian penelitian ini menujukkan terdapat
perbedaan kualitas pelayanan antara pegawai yang mengikuti pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal dengan pegawai yang tidak mengikuti pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang berarti dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan keterampilan komunikasi interpersonal memiliki pengaruh dalam meningkatkan kualitas pelayanan pegawai kantor kelurahan x yogyakarta.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Keterampilan Komunikasi Interpersonal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:00
Last Modified: 06 Sep 2022 02:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16353

Actions (login required)

View Item
View Item