Nuruzzulfa, Nuruzzulfa (2022) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Flow Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Flow Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. pp. 1-8.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (38kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan flow akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan positif antara efikasi diri dengan flow akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Adapun kriteria subjek penelitian yang digunakan adalah 81 orang mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, jenis kelamin laki-laki dan perempuan, berstastus sebagai mahasiswa. Sedangkan motede yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari Pearson. Pada hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) = 0.665 (p < 0,050). Hal ini menunjukkan, adanya hubungan positif antara efikasi diri dengan flow akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki, maka tingkat flow akademik yang dimiliki mahasiswa yang sedang menyusun skripsi cenderung tinggi pula. Sebaliknya, semakin rendah efikasi diri yang dimiliki, maka tingkat flow akademik yang dimiliki mahasiswa yang sedang menyusun skripsi cenderung rendah. Peran dukungan efikasi diri terhadap flow akademik sebesar 44,2% dan sisanya sebesar 55,8% flow akademik dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinan (R2) senilai 0,442.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 UMBY |
Uncontrolled Keywords: | Flow Akademik, Efikasi Diri, Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 07:39 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 07:39 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16503 |