Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kemadirian Belajar Siswa Smp Pada Masa Pandemi Covid- 19

Cristo, Anita (2022) Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kemadirian Belajar Siswa Smp Pada Masa Pandemi Covid- 19. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kemadirian Belajar Siswa Smp Pada Masa Pandemi Covid- 19. pp. 1-15.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_17081841_Anita Cristo_Reguler 1.docx

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan kemandirian belajar siswa SMP pada masa pandemic Covid-19. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan kemandirian belajar siswa SMP pada masa pandemic Covid-19. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa. Data dikumpulkan dengan skala kemandirian belajar dan skala dukungan sosial orang tua. Hasil analisis product moment menunjukkan korelasi (rxy) 0,268 dengan p = 0,036 (p < 0,050). Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Variabel dukungan sosial orang tua memiliki sumbangan sebesar 7,2% terhadap peningkatan kemandirian belajar. Hal ini menunjukkan bahwa 92,8% kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh sejumlah faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, dukungan sosial orang tua
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:56
Last Modified: 14 Nov 2022 07:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16518

Actions (login required)

View Item
View Item