Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penerimaan Diri Siswa Kelas 11 Sman 1 Luwuk Banggai

Tamsar, Ridhayastuti (2022) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penerimaan Diri Siswa Kelas 11 Sman 1 Luwuk Banggai. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan penerimaan diri siswa kelas 11 SMAN 1 Luwuk Banggai. Hipotesis dalam penelitian ini adalah konsep diri berhubungan positif secara signifikan dengan penerimaan diri siswa kelas XI SMAN 1 Luwuk Banggai. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa siswa kelas 11 SMAN 1 Luwuk Banggai. Sampel penelitian sebanyak 74 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala, skala konsep diri yang dimodifikasi dari penelitian Husniyati (2009) didasarkan pada aspek konsep diri menurut Calhoun dan Acocella, dan skala penerimaan diri siswa yang dimodifikasi dari penelitian Fitri (2017) didasarkan pada aspek penerimaan diri menurut Shereer, pengukuran skala menggunakan skala Likert yang terdiri dari 4 alternatif jawaban. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien korelasi sebesar rxy= 0,629 (p <0,01) yang berarti konsep diri mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap penerimaan diri. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0, 396 atau sebesar 39,4% dan sisanya 60,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: konsep diri, penerimaan diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:27
Last Modified: 23 Nov 2022 06:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16769

Actions (login required)

View Item
View Item