Fatmah, Elistia (2022) Hubungan Antara Kecemasan Akademik Dengan Self- Regulated Learning Pada Mahasiswa Kelas Karyawan Di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hubungan Antara Kecemasan Akademik Dengan Self- Regulated Learning Pada Mahasiswa Kelas Karyawan Di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. pp. 1-18.
18081589_Elistia Fatmah_R33F_Naskah Publikasi.docx
Download (41kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan akademik dengan self- regulated learning pada mahasiswa kelas karyawan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif antara kecemasan akademik dengan self- regulated learning pada mahasiswa kelas karyawan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Subjek penelitian ini berjumlah 82 mahasiswa aktif kelas karyawan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (Kuliah sambil Bekerja ) serta sudah menempuh minimal dua semester. Data dikumpulkan menggunakan Skala Kecemasan Akademik dan Skala Self-Regulated Learning. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment dengan program SPSS v.26. Berdasarkan analisis data, diperoleh koefisien korelasi (r = -0.641 ; p ≤ 0.050). Hasil tersebut menunjukan terdapat hubungan yang negatif antara kecemasan akademik dengan self- regulated learning. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0.411, hal tersebut menunjukkan bahwa variabel kecemasan akademik memberikan sumbangan efektif sebesar 41.1% terhadap variabel self-regulated learning
.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 UMBY |
Uncontrolled Keywords: | mahasiswa kelas karyawan, kecemasan akademik, self-regulated learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 03:25 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 03:25 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16819 |