Hubungan Antara Academic Burnout Dengan Perilaku Cyberloafing Pada Mahasiswa Yang Kuliah Daring

Pramudya, Bagus Dewa (2022) Hubungan Antara Academic Burnout Dengan Perilaku Cyberloafing Pada Mahasiswa Yang Kuliah Daring. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
18081303_Bagus Dewa Pramudya_R13_Naskah Publikasi.doc

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic burnout dengan perilaku cyberloafing pada mahasiswa yang kuliah daring. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara academic burnout dengan perilaku cyberloafing pada mahasiswa yang kuliah daring. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 128 mahasiswa yang kuliah daring. Pengumpulan data dilakukan dengan Skala Perilaku Cyberloafing dan Skala School Burnout Inventory versi Bahasa Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Pearson Correlation. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,374 dengan taraf signifikansi sebesar p = 0,000, yang berarti terdapat hubungan yang positif antara academic burnout dengan perilaku cyberloafing pada mahasiswa yang kuliah daring. Semakin tinggi academic burnout yang dialami oleh mahasiswa yang kuliah daring maka semakin tinggi pula perilaku cyberloafing yang dilakukan, sebaliknya juga semakin rendah academic burnout yang dialami oleh mahasiswa yang kuliah daring maka semakin rendah pula perilaku cyberloafing yang dilakukan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: academic burnout, mahasiswa, perilaku cyberloafing
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:38
Last Modified: 02 Dec 2022 02:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16994

Actions (login required)

View Item
View Item