Hubungan Antara Kecerdasan Menghadapi Tantangan Dengan Kecemasan Menghadapi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Di Masa Pandemi Covid-19

Sutini, Azizta Atalia (2022) Hubungan Antara Kecerdasan Menghadapi Tantangan Dengan Kecemasan Menghadapi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Di Masa Pandemi Covid-19. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_AZIZTA ATALIA SUTINI_.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan menghadapi tantangan dengan kecemasan menghadapi pembelajaran dalam jaringan (daring) pada mahasiswa Fakultas Psikologi di masa Covid-19. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kecerdasan menghadapi tantangan dengan kecemasan menghadapi pembelajaran daring pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Subjek pada penelitian ini berjumlah 130 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan skala kecerdasan menghadapi tantangan dan skala kecemasan menghadapi pembelajaran daring. Hasil analisis product moment menunjukkan korelasi rxy = -0,493 dengan p = 0,000 (p<0,050). Hal tersebut berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.Variabel kecerdasan menghadapi tantangan memiliki sumbangan sebesar 24,3% terhadap penurunan kecemasan menghadapi pembelajaran daring Hal ini menunjukkan bahwa 75,7% sisanya diasumsikan dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan menghadapi tantangan, kecemasan menghadapi pembelajaran daring, mahasiswa, pandemi covid-19.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 02 Dec 2022 06:21
Last Modified: 02 Dec 2022 06:21
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17005

Actions (login required)

View Item
View Item