Setyadi, Arif Puspa (2022) Hubungan Persepsi Dukungan Organisasi Dengan Perilaku Inovatif Pada Guru Sekolah Dasar Swasta Di Kecamatan Seyegan. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
NASKAH PUBLIKASI.doc
Download (152kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dukungan organisasi dengan perilaku inovatif pada guru sekolah dasar swasta di Kecamatan Seyegan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif antara persepsi dukungan organisasi dengan perilaku inovatif pada guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dimana seluruh populasi menjadi partisipan penelitian, dengan total 46 guru. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala persepsi dukungan organisasi dan skala perilaku inovatif yang dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Pearson product moment untuk mengetahui hubungan antara variabel X dengan variabel Y dengan bantuan program software komputer. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dukungan organisasi dan perilaku inovatif pada guru, dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 (p<0,05) dan nilai korelasi pearson yaitu 0,751. Hal ini juga menunjukkan bahwa hubungan antara persepsi dukungan organisasi dan perilaku inovatif pada guru adalah hubungan yang kuat dan positif. Semakin tinggi persepsi dukungan organisasi, maka semakin tinggi perilaku inovatif pada guru.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | guru, perilaku inovatif, persepsi dukungan organisasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 01:04 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 01:04 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17133 |