Tingkat Stres Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Tipe Regulasi Emosi

Kiswarni, Tri (2022) Tingkat Stres Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Tipe Regulasi Emosi. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKAKSI] Text (NASKAH PUBLIKAKSI)
Naskah Publikasi_17081376_Tri Kiswarni_Kelas Reguler_.docx

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perbedaan tingkat stress pada mahasiswa ditinjau dari tipe regulasi emosi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat stres pada mahasiswa yang ditinjau dari tipe-tipe regulasi emosi. Mahasiswa yang menggunakan regulasi emosi berbentuk suppression memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunkan tipe regulasi emosi berbentuk cognitive reappraisal. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 133 mahasiswa yang berusia 18-25 tahun. Penelitian ini menggunakan skala The Perceived Stress Scale (PSS-10) dan skala Emotional RegulationQuestionnaire (ERQ). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji t sebesar 0,748 (p > 0,05). Hal ini menunjukkan tidak adanya perbedaan tingkat stres pada mahasiswa ditinjau dari tipe regulasi emosi.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: cognitive reapprasial, expressive suppression, regulasi emosi, stres
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:28
Last Modified: 16 Dec 2022 03:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17183

Actions (login required)

View Item
View Item