KOMUNIKASI KELOMPOK SUPORTER SEPAK BOLA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI KELOMPOK JKTSPZL DALAM MEMBANGUN KOHESIVITAS KELOMPOK PADA MUSIM 2021-2022)

Sipahutar, Marshellano (2022) KOMUNIKASI KELOMPOK SUPORTER SEPAK BOLA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI KELOMPOK JKTSPZL DALAM MEMBANGUN KOHESIVITAS KELOMPOK PADA MUSIM 2021-2022). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB 1.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Mars Full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam sebuah kelompok tidak lah berjalan dengan mulus dalam membangun suasana dalam kehidupan berkelompok, latar belakang yang berbeda bisa menjadi kendala. Seperti yang terjadi dalam kelompok JKTSPZL para anggota memiliki kesibukannya masing-masing. Apalagi pada musim 2021-2022 pertandingan Persija Jakarta tidak bisa dihadiri oleh para pendukungnya. Berdasarkan penjelasan diatas, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana komunikasi kelompok yang terjalin pada kelompok pendukung Persija Jakarta yang bernama JKTSPZL pada musim 2021-2022. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi kelompok JKTSPZL dalam membangun kohesivitas anggota pada musim 2020-2021, dan untuk mengetahui bagaimana bentuk loyalitas anggota terhadap Persija Jakarta. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori kohesivitas dengan ciri-ciri seperti komitmen yang tinggi, mempunyai tujuan di dalam kelompok, kerja sama yang baik antar anggota, ketertarikan antar anggota. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara proses analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa komunikasi kelompok yang dilakukan JKTSPZL telah berjalan dengan baik dan telah di implementasikan dengan baik di dalam kelompok JKTSPZL yang dimana semua anggota kelompok menjalin kerjasama yang baik dalam kelompok, bentuk kerjasama yang baik yang dilakukan JKTSPZL ditunjukan dengan pembagian tugas yang diberikan pada setiap anggota kelompok, anggota kelompok yang ada memiliki peran masing-masing akan tetapi jika salah satu anggota kelompok tidak bisa menjalankan tugasnya akan di bantu oleh anggota lainnya, sehingga hal ini membuktikan bahwa anggota kelompok JKTSPZL menjalin komunikasi yang efektif diantara anggota. JKTSPZL juga memiliki loyatitas yang tinggi dalam mendukung Persija Jakarta yang dimana JKTSPZL tetap mendukung Persija Jakarta pada saat pandemi covid 19 melanda yang dimana pada saat itu penonton tidak bisa hadir ke stadion untuk mendukung langsung, hal ini tidak menurunkan loyalitas mereka dalam mendukung Persija Jakarta sebagai klub sepak bola kebanggan mereka. Disaat pendukung tidak boleh hadir ke stadion mereka mengadakan nonton bareng bersama para anggota, dan tetap mendukung Persija Jakarta melalui akun media sosial Persija Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Kelompok, Kohesivitas, Loyalitas, Suporter Sepak Bola
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:28
Last Modified: 06 Feb 2023 02:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17433

Actions (login required)

View Item
View Item