Khakim, Galuh Lukmanul (2023) ANALISIS SALURAN DAN BIAYA PEMASARAN SAPI POTONG DI PASAR HEWAN BANGSRI, KECAMATAN BANGSRI, KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak.pdf
Download (335kB)
BAB I.pdf
Download (86kB)
BAB V.pdf
Download (165kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (379kB)
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
naskah publikasi galuh lukmanul k.docx
Download (456kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran sapi potong
di Pasar hewan Bangsri, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Penentuan responden
berdasarkan “puposive sampling” dengan kriteria mempunyai pengalaman lebih
dari 1 tahun. Parameter yang diukur antara lain biaya pemasaran, margin
pemasaran, farmer’s share, dan efisiensi pemasaran. Jumlah sampel sebanyak 33
responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran sapi potong di
Pasar Hewan Bangsri terdiri dari tiga saluran pemasaran yaitu saluran I (peternakkonsumen), saluran II (peternak-pedagang perantara-konsumen(sebagai jagal dan
peternak) dan saluran III (peternak-pedagang perantara-pedagang besarkonsumen). Biaya pemasaran pada saluran I yaitu Rp. 443.571, saluran II yaitu Rp.
470.750 dan Rp. 473.507, saluran III yaitu Rp. 599.249. Margin pemasaran pada
saluran I yaitu sebesar Rp. 0, saluran II yaitu Rp. 1.307.417 dan Rp. 871.889,
saluran III yaitu Rp. 1.445.000. Farmer’s share pada saluran I yaitu sebesar 97,5%,
saluran II yaitu 92,65% dan 94,36%, saluran III yaitu 94,97%. Efisiensi pemasaran
terendah terdapat pada saluran II yaitu 2,4%. Dapat disimpulkan bahwa saluran
pemasaran I merupakan saluran yang paling efisien karena memiliki nilai biaya
pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran yang lebih rendah serta
memiliki nilai farmer’s share yang lebih tinggi dibandingkan saluran pemasaran II
dan saluran pemasaran III.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | Sapi potong, Saluran pemasaran, Biaya pemasaran, Efisiensi pemasaran, Pasar Hewan Bangsri |
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions: | Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan |
Depositing User: | Peternakan UMBY |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 01:39 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 01:39 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17434 |