ANALISIS SALURAN DAN BIAYA PEMASARAN SAPI POTONG DI PASAR HEWAN BANGSRI, KECAMATAN BANGSRI, KABUPATEN JEPARA

Khakim, Galuh Lukmanul (2023) ANALISIS SALURAN DAN BIAYA PEMASARAN SAPI POTONG DI PASAR HEWAN BANGSRI, KECAMATAN BANGSRI, KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
naskah publikasi galuh lukmanul k.docx

Download (456kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran sapi potong
di Pasar hewan Bangsri, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Penentuan responden
berdasarkan “puposive sampling” dengan kriteria mempunyai pengalaman lebih
dari 1 tahun. Parameter yang diukur antara lain biaya pemasaran, margin
pemasaran, farmer’s share, dan efisiensi pemasaran. Jumlah sampel sebanyak 33
responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran sapi potong di
Pasar Hewan Bangsri terdiri dari tiga saluran pemasaran yaitu saluran I (peternakkonsumen), saluran II (peternak-pedagang perantara-konsumen(sebagai jagal dan
peternak) dan saluran III (peternak-pedagang perantara-pedagang besarkonsumen). Biaya pemasaran pada saluran I yaitu Rp. 443.571, saluran II yaitu Rp.
470.750 dan Rp. 473.507, saluran III yaitu Rp. 599.249. Margin pemasaran pada
saluran I yaitu sebesar Rp. 0, saluran II yaitu Rp. 1.307.417 dan Rp. 871.889,
saluran III yaitu Rp. 1.445.000. Farmer’s share pada saluran I yaitu sebesar 97,5%,
saluran II yaitu 92,65% dan 94,36%, saluran III yaitu 94,97%. Efisiensi pemasaran
terendah terdapat pada saluran II yaitu 2,4%. Dapat disimpulkan bahwa saluran
pemasaran I merupakan saluran yang paling efisien karena memiliki nilai biaya
pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran yang lebih rendah serta
memiliki nilai farmer’s share yang lebih tinggi dibandingkan saluran pemasaran II
dan saluran pemasaran III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Sapi potong, Saluran pemasaran, Biaya pemasaran, Efisiensi pemasaran, Pasar Hewan Bangsri
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2024 01:39
Last Modified: 24 Dec 2024 01:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17434

Actions (login required)

View Item
View Item