Analisis Personal Branding TikToker Gadis Rafidha Deviyani Dynisya Chantika

Chantika, Dynisya (2022) Analisis Personal Branding TikToker Gadis Rafidha Deviyani Dynisya Chantika. Analisis Personal Branding TikToker Gadis Rafidha Deviyani Dynisya Chantika. pp. 1-13.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (208kB)

Abstract

Media sosial menjadi kebutuhan bagi individu di era komunikasi interaktif, hal ini
sebabkan oleh perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Sehingga secara
sadar dan tidak sadar individu akan membentuk personal branding. Personal
branding diartikan sebagai tindakan mendeskripsikan dan menggambaran diri
kepada khalayak. Penelitian ini mencoba untuk menganalisis personal branding
Gadis Rafidha Deviyani, dalam mengawali karirnya sebagai TikToker, berdasarkan
teori 8 konsep pembentukan personal branding milik Peter Montoya. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data penelitian diambil dari
unggahan TikTok Gadis Rafidha Deviyani pada akunnya @gadisrafidha, dengan
teknik observasi nonpartisipan. Temuan data kemudian dianalisis menggunakan
teknik kategorisasi. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam
personal branding Gadis Rafidha Deviyani di TikTok, Gadis menerapkan 8 konsep
pembentukan personal branding, meliputi spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian,
perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan dan nama baik.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Personal branding, TikTok, Gadis Rafidha Deviyani
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:24
Last Modified: 03 Feb 2023 03:24
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17540

Actions (login required)

View Item
View Item