Studi Kualitatif Manajemen Komunikasi Pada Pt Jasa Raharja Cabang D.I.Yogyakarta Dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2022

Wibilaksono, Ari Tomi (2022) Studi Kualitatif Manajemen Komunikasi Pada Pt Jasa Raharja Cabang D.I.Yogyakarta Dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2022. Studi Kualitatif Manajemen Komunikasi Pada Pt Jasa Raharja Cabang D.I.Yogyakarta Dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2022. pp. 1-12.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (468kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Banyaknya korban jiwa memiliki dampak ekonomi (kerugian materiil) dan sosial yang signifikan dan memerlukan berbagai upaya pencegahan dengan melibatkan berbagai pihak guna mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan deskriptif yang mengkaji secara intensif pengelolaan komunikasi oleh individu atau kelompok yang dianggap memahami dan menghayati kasus-kasus tertentu. Narasumber atau informan dalam penelitian ini yang peneliti ajukan adalah PT Jasa Raharja Cabang D.I.Yogyakarta dan Ditlantas Polda D.I.Y. Metode deskriptif ini akan mempelajari masalah-masalah dengan tujuan untuk dapat mendeskripsikan upaya-upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas yang dapat digunakan dan diterapkan di wilayah daerah rawan kecelakaan berdasarkan data yang diperoleh dari fakta atau sumber bidang studi tertentu dengan cermat dan faktual serta melalui POLC Planning, Organizing, Leading dan Controlling. Penelitian disimpulkan dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2022 dengan evaluasi mengenai pelaksanaan program-program pencegahan kecelakaan lalu lintas setelah pelaksanaan yang dilakukan oleh PT Jasa Raharja Cabang D.I.Yogyakarta, maka hasil yang diharapkan yaitu berkurangnya tingkat kecelakaan lalu lintas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pada semester pertama yaitu dari bulan Januari s/d Juni tahun 2022 jika dibandingkan dengan tahun 2021. Pada Korban Meninggal Dunia mengalami penurunan sebesar -10.58%, namun untuk korban Luka-luka mengalami kenaikan sebesar 24,37%.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: PT Jasa Raharja Cabang D.I.Yogyakarta, Manajemen Komunikasi, Korban kecelakaan lalu lintas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:52
Last Modified: 03 Feb 2023 02:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17564

Actions (login required)

View Item
View Item