STUDI KUALITATIF KOMUNIKASI PEMASARAN MODEL AIDA BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA KELOMPOK SADAR WISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN PARIWISATA PADA DESA WISATA JAMU KIRINGAN. KEC JETIS, KAB. BANTUL, YOGYAKARTA

Yudha, Fransiskus Kusuma (2023) STUDI KUALITATIF KOMUNIKASI PEMASARAN MODEL AIDA BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA KELOMPOK SADAR WISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN PARIWISATA PADA DESA WISATA JAMU KIRINGAN. KEC JETIS, KAB. BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL (BOOKMARK ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI_FRANSISKUS KUSUMA YUDHA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran model AIDA yang dilakukan oleh kelompok sadar wisata Desa Jamu Kiringan untuk meningkatkan kunjungan pariwisata. Teori yang digunakan peneliti yaitu teori AIDA (Atenttion, Interest, Disire, Action). Metode dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan untuk menarik perhatian (Atenttion) calon wisatawan melalui media sosial Instagram adalah dengan cara menjadi followers (pengikut) akun wisata lainnya dan dengan meng-tag akun akun tersebut dalam setiap mengungah postingan. Untuk mempertahankan minat (Interest) calon wisatawan penggelola memberikan informasi-informasi melalui caption di instastories dengan pesan yang menarik. Untuk mengubah minat menjadi keinginan (Disire) penggelola menambahkan fitur lokasi di setiap postingan dan selalu melakukan timeline ungahan dengan cara konsisten, ada tiga perspektif konsisten yaitu persepektif personal, informasi dan juga aktivitas. Agar calon wisatawan melakukan tindakan (Action) pariwisata penggelola meletakan sebuah situs linktree di bio Instagram, linktree adalah sebuah situs yang bisa menampung tautan penting. komunikasi pemasaran model AIDA yang dilakukan oleh kelompok sadar wisata Kiringan diterapkan pada media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model AIDA, Komunikasi Pemasaran, Media sosial, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2025 02:13
Last Modified: 03 Jan 2025 02:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17794

Actions (login required)

View Item
View Item