KONSEP PENGEMBANGAN KOMUNIKASI PARIWISATA UNTUK MEMBANGUN “BALI BARU” DI KAWASAN BUKIT MENOREH DAERAH PURWOREJO JAWA TENGAH TAHUN 2022

Putra, Bernadus Agung Hanggoro (2022) KONSEP PENGEMBANGAN KOMUNIKASI PARIWISATA UNTUK MEMBANGUN “BALI BARU” DI KAWASAN BUKIT MENOREH DAERAH PURWOREJO JAWA TENGAH TAHUN 2022. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
Skripsi_Konsep Pengembangan Komunikasi Pariwisata_Bernadus_190710277 BOOKMARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan “Bali Baru” dibangun dengan konsep pengembangkan nilai yang ada di dalam relief candi. Nilai-nilai tersebut juga digunakan dalam pembangunan kawasan. Salah satu yang sudah dibangun adalah Pintu Gerbang. Ada empat pintu gerbang yaitu kalpataru, Singa, Gajah dan Kapal yang semuanya ada simbol-simbol yang terdapat pada relief dan masing-masing mempunyai makna tersendiri.
Pembangunan “Bali Baru” meng-copy keberhasilan Bali. Keberhasilan pariwisata di Bali dapat terjadi karena kekuatan budayanya melalui desa adat. Keberhasilan desa adat dalam mempertahankan budaya dan keunikan-keunikannya telah menarik wisatawan. Pada Pembangunan "Bali Baru" penguatan dengan memperkuat desa wisata yang ada di sekitar candi Borobudur. Penguatan desa wisata akan memicu masyarakat desa mengulik budayanya serta memunculkan kreativitas-kreativitas baik di kuliner, maupun kerajinan rakyat. Di sektor kesenian, juga dikuatkan dengan penguatan sanggar-sanggar seni di desa tersebut.
Promosi yang dilakukan pemerintah dalam membangun “Bali Baru” menyebabkan pihak swasta ikut membangun café-cafe dengan memanfaatkan pemandangan view yang cantik, baik disaat sunrise maupun sunset. Perkembangan ini akan memicu masyarakat untuk membangun homestay dan warung-warung makan kuineran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Komunikasi Pariwisata, Promosi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 17 Dec 2024 06:03
Last Modified: 17 Dec 2024 06:03
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17861

Actions (login required)

View Item
View Item