ANALISIS PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (Studi Kasus Pada Remaja Dusun Pringgolayan Banguntapan Bantul Yogyakarta)

Ndarujati, Tri Khusuma (2022) ANALISIS PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (Studi Kasus Pada Remaja Dusun Pringgolayan Banguntapan Bantul Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (Indonesia & Inggris).pdf

Download (388kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V Penutup (Kesimpulan & Saran).pdf

Download (336kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
BOOKMARK Skripsi FulText Tri Khusuma Ndarujati (17071206).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Tri Khusuma Ndarujati (17071206).docx
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy

Abstract

Game online Mobile Legends banyak dimainkan oleh masyarakat khususnya remaja usia 18-22 tahun di Indonesia. Sering terlihat banyak remaja yang memainkan game ini di sekitar lingkungan masyarakat. Proses sosialisasi dari tersebut ditemani dengan kehadiran game Online Mobile Legends. Sedangkan komunikasi interpersonal sendiri merupakan salah satu unsur penting dalam bersosialisasi. Peneliti melihat fenomena tersebut sebagai hal yang penting untuk dapat mencari tahu bagaimana proses komunikasi interpersonal yang terjadi di pada remaja yang terlibat dalam proses sosialisasi di kondisi lingkungan tersebut. Maka dari itu rumusan masalah yang kemudian muncul adalah bagaimana proses komunikasi interpersonal remaja pemain game online Mobile Legends Dusun Pringgolayan Banguntapan Bantul Yogyakarta? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang didalamnya menggambarkan dan mendeskripsikan objek apa adanya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dikaji dengan teori komunikasi interpersonal menurut Deddy Mulyana, proses komunikasi interpersonal menurut Suranto AW, dan elemen-elemen komunikasi interpersonal menurut Maulana dan Gumelar. Hasil dari penelitian ini adalah para pemain game online Mobile Legends dapat melakukan komunikasi interpersonal antar sesamanya sesuai dengan langkah-langkah proses komunikasi interpersonal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kelancaran dan hambatan dalam proses komunikasi interpersonal, yaitu faktor fokus, situasi, dan kondisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi Interpersonal, Remaja, Geme Online Mobile Legends
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:29
Last Modified: 06 Jan 2025 02:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17865

Actions (login required)

View Item
View Item