KONSEP REBRANDING BATIK INDAH JOGJA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi Deskriptif Kualitatif pada Produk Batik Indah Jogja periode 2021)

Cantya, Mahagnyana (2022) KONSEP REBRANDING BATIK INDAH JOGJA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi Deskriptif Kualitatif pada Produk Batik Indah Jogja periode 2021). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK _ MAHAGNYANA CANTYA.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I _ MAHAGNYANA CANTYA.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V _ MAHAGNYANA CANTYA.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA _ MAHAGNYANA CANTYA.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT _ MAHAGNYANA CANTYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI _ MAHAGNYANA CANTYA.docx

Download (92kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 yang hadir sejak 2020 membuat banyak perusahaan gulung tikar,
termasuk Batik Rorodjonggrang. Dampaknya, perusahaan membuka anak cabang yaitu
Batik Indah Jogja. Zaman yang terus berkembang membuat Batik Indah Jogja harus
mampu mengikuti trend bisnis yang ada. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui konsep
rebranding Batik Indah Jogja untuk meningkatkan brand awareness. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari
wawancara mendalam yang dilakukan kepada lima (5) informan, yaitu owner, manager
operasional, administrasi, marketing online, dan marketing offline. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor rebranding yang dilakukan Batik Indah Jogja karena ada
perubahan manajemen dan strategi perusahaan. Sedangkan tujuan rebranding adalah
meningkatkan brand awareness stakeholder, baik internal maupun eksternal. Konsep
rebranding melalui tiga (3) proses, yaitu analisis berdasarkan potensi dan peluang,
perencanaan target, dan evaluasi yang dilakukan secara rutin. Brand awareness dapat
dilihat dari jumlah konsumen yang terus melakukan repeat order (pembelian kembali)
dan pengunjung google my business yang dikunjungi 2000 sampai 3000 orang setiap
bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Batik Indah Jogja, Brand awareness, Rebranding
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 18 Dec 2024 03:48
Last Modified: 18 Dec 2024 03:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17883

Actions (login required)

View Item
View Item