Cantya, Mahagnyana (2022) KONSEP REBRANDING BATIK INDAH JOGJA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi Deskriptif Kualitatif pada Produk Batik Indah Jogja periode 2021). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK _ MAHAGNYANA CANTYA.pdf
Download (8kB)
BAB I _ MAHAGNYANA CANTYA.pdf
Download (170kB)
BAB V _ MAHAGNYANA CANTYA.pdf
Download (10kB)
DAFTAR PUSTAKA _ MAHAGNYANA CANTYA.pdf
Download (124kB)
SKRIPSI FULL TEXT _ MAHAGNYANA CANTYA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI _ MAHAGNYANA CANTYA.docx
Download (92kB)
Abstract
Pandemi COVID-19 yang hadir sejak 2020 membuat banyak perusahaan gulung tikar,
termasuk Batik Rorodjonggrang. Dampaknya, perusahaan membuka anak cabang yaitu
Batik Indah Jogja. Zaman yang terus berkembang membuat Batik Indah Jogja harus
mampu mengikuti trend bisnis yang ada. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui konsep
rebranding Batik Indah Jogja untuk meningkatkan brand awareness. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari
wawancara mendalam yang dilakukan kepada lima (5) informan, yaitu owner, manager
operasional, administrasi, marketing online, dan marketing offline. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor rebranding yang dilakukan Batik Indah Jogja karena ada
perubahan manajemen dan strategi perusahaan. Sedangkan tujuan rebranding adalah
meningkatkan brand awareness stakeholder, baik internal maupun eksternal. Konsep
rebranding melalui tiga (3) proses, yaitu analisis berdasarkan potensi dan peluang,
perencanaan target, dan evaluasi yang dilakukan secara rutin. Brand awareness dapat
dilihat dari jumlah konsumen yang terus melakukan repeat order (pembelian kembali)
dan pengunjung google my business yang dikunjungi 2000 sampai 3000 orang setiap
bulan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Batik Indah Jogja, Brand awareness, Rebranding |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 03:48 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 03:48 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17883 |