HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DENGAN COMPULSIVE BUYING PADA WANITA DEWASA AWAL MELALUI E-COMMERCE SHOPEE

Dewati, Maulinda Putri (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DENGAN COMPULSIVE BUYING PADA WANITA DEWASA AWAL MELALUI E-COMMERCE SHOPEE. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (31kB)

Abstract

Produk dan jasa yang beragam membuat belanja online menjadi industri yang
pertumbuhannya paling cepat dengan di tunjang oleh penggunaan internet yang
semakin memudahkan konsumen melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan compulsive buying pada
wanita dewasa awal melalui e-commerce shopee. teknik sampling dalam penelitian
ini menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah wanita
dewasa awal, konsumen shopee yang masuk dalam kategori usia 20 sampai dengan
30 tahun sebanyak 68 subjek. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
dua skala yaitu skala self esteem dan skala compulsive buying. metode analisis data
yang digunakan adalah analisis product moment. Berdasarkan hasil penelitian,
diperoleh koefisien korelasi rˣʸ sebesar -0,389 dengan p = 0,001 (p < 0,050) yang
berarti ada hubungan yang negatif antara self esteem dengan compulsive buying.
Kemudian hasil koefisien determinasi (R2) yang diperoleh dalam penelitian ini
sebesar 0,152 yang berarti variabel self esteem memberikan sumbangan efektif
sebesar 15,2 % pada compulsive buying dan sisanya 84,8% diberikan oleh variabel
lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. hipotesis dalam penelitian ini diterima
sehingga semakin rendah self esteem maka semakin tinggi tingkat compulsive
buying. Sebaliknya semakin tinggi self esteem maka semakin rendah compulsive
buying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 1
Uncontrolled Keywords: compulsive buying, self esteem, dewasa awal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 30 Dec 2024 07:49
Last Modified: 30 Dec 2024 07:49
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17891

Actions (login required)

View Item
View Item