Radio Sebagai Media Pembelajaran Siswa Di Masa Pandemi (Studi Deskriptif Kualitatif Radio Jogja Belajar Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sma Bopkri Banguntapan)

Elingga, Yopa Radio Sebagai Media Pembelajaran Siswa Di Masa Pandemi (Studi Deskriptif Kualitatif Radio Jogja Belajar Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sma Bopkri Banguntapan). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_YOPA ELINGGA.docx

Download (30kB)

Abstract

Jogjabelajar Radio merupakan program layanan pendidikan yang menyajikan informasi tentang dunia pendidikan,info-info pendidikan,juga terdapat kegiatan yang mengundang narasumber dari pakar pendidikan sendiri. Selain itu, radio ini adalah salah satu bentuk terobosan atau inovasi dari pemerintahan Yogyakarta dalam meningkatkan program dari pemerintah khususnya dibidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Jogjabelajar Radio sebagaimedia pembelajaran siswa dimasa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian menggunakan ialah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara dan pengamatan dengan informan yang dinilai berkaitan dengan kepentingan dalam tema peneliti yang sudah penulis lakukan, dan juga melalui studi Pustaka untuk memperoleh beberapa gambaran pemanfaatan Jojgabelajar Radio sebagai media pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan Jogjabelajar Radio memudahkan guru dansiswa belajar dimasakarena tidak memerlukan biaya. selain itu, radio ini juga memudahkan pembelajaran dan dapat menjangkau rumah siswa yang jauh. Berdasarkan hasil dari pengamatan penulis, Pemanfaatan Jogjabelajar Radio membantu Guru dalam penyampaian materi pelajaran, selain itu pembelajaran dengan memanfaatkan Jogjabelajar Radio pada siswa SMA BOPKRI Banguntapan meningkatkan wawasan siswa, dan mendorong belajar mandiri dengan cara yang lebih santai, menghibur, efektif, sederhana dan hemat waktu karena dilakukan secara online.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Radio,Media Pembelajaran,Covid-19,SMA BOPKRI Banguntapan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 14 Feb 2023 08:40
Last Modified: 14 Feb 2023 08:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17896

Actions (login required)

View Item
View Item