Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Persepsi Kegiatan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sma (Studi Pada Siswa Kelas X Sma N 6 Yogyakarta)

Rahmattullah, Cokro Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Persepsi Kegiatan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sma (Studi Pada Siswa Kelas X Sma N 6 Yogyakarta). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi - COKRO.docx

Download (64kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan pergeseran pendidikan tatap muka menjadi pendidikan jarak jauh yang dilaksanakan secara daring. Perbedaan proses pembelajaran tersebut dapat menciptakan persepsi berbeda-beda pada siswa sekolah menengah atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa kelas X SMAN 6 Yogyakarta terhadap pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 168 responden dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang telah dimodifikasi sebanyak 10 item dengan pengkuran menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (58,9%). Hasil penelitian persepsi pada responden menunjukan bahwa attention (47,6%), interest (53,0%), motivation (41,1%), dan expectation (41,1%). Persepsi siswa kelas X SMAN 6 Yogykarta terhadap pembelajaran daring sebagai dampak dari pandemi Covid-19 menunjukan hasil netral pada attention, interest, dan expectation, sedangkan hasil positif pada motivation.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, persepsi, siswa
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 14 Feb 2023 08:38
Last Modified: 14 Feb 2023 08:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17898

Actions (login required)

View Item
View Item